Kamis, 23 Januari 2014

Jangan Bikin Sakit Mata Dong! (1)

"Tring...tring!"

Broadcast masuk lewat smartphoneku.  Coba lihat, dari siapa?

"s4y, lw nti klw l3w4t rum4hq, m4mpir y4.  M4m mw ti2p 0l3h2 wat m4m u."

Hadeuh! Itu BBM dari Faya, sohib karibku.  Terus terang, paling males baca tulisan model begini, sakit mata!  Itu si faya kalau ngetik pesan begitu jarinya mendadak lentik gak ya?  Ya ampun deh ah!  Nulis dengan huruf biasa aja capek, eh malah nulis dengan tehnik tingkat Dewa begini!

Aku pun menjawab BBM dari tuan putri itu.

"Ya, kayaknya sih memang lewat rumahmu.  Sebentar ya, masih di angkot."

Eh masih dijawab lagi sama Faya.

"Y"

Jiah, ini bocah!  Tadi bisa ngetik pesan segitu panjangnya sampe siwer ini mata bacanya, eh sekarang jawab hanya satu huruf, singkat begitu.

Sampai di depan lorong rumah menuju rumah Faya angkot pun berhenti, segera aku turun dan mengangsurkan uang ke supir angkot.  Lalu jalan santai menuju rumah sohibku dari kecil.

Baru jalan sebentar, BBM dari Faya datang lagi.

"Lw mp3 dim4n4? Gw d4h nunggu l4m4 n3h!"

Hadeuh!  Nyampe rumah dia aku harus menghukum anak ini dengan disuruh menulis, 'Aku janji tidak nulis alay lagi' sebanyak seratus kali deh, biar belajar tulisan indonesia dengan baik dan benar!

Aku pun membalas BBM dari Faya itu, dengan tulisan normal.  Kudu diajarin nih anak untuk menulis dengan kaidah yang benar dan sayang mata supaya gak lekas chek ke dokter mata.

"Sebentar, udah mau sampe nih!  Eh jangan nulis aneh-aneh kenapa, sakit mata!"

Baru satu menit, balasannya langsung masuk BBMku.

"G4 g4ol lw ah! Ini k4n tul1s4n k3r3n tw!"

Mending belok warung es campur ini dulu ah, warung jajan langgananku dan Faya sewaktu kami kecil.  Naga-naganya bakal lama nih berbalas BBMnya.  Kalau ngomong di rumahnya, gak enak sama Tante Laras, nanti disangkanya kita berantem lagi.

"Tulisan keren gimana coba?" Ini sih bikin sakit mana!"

"Bu, minta es campur satu ya, gelas besar!" kataku kepada ibu penjual es campur, begitu kuhempaskan pantatku di bangku panjang di dalam kedai es campur itu.

Si Ibu mengangguk, sudah biasa melihat aku mampir dulu ke warungnya sebelum sampai ke rumah.  Sambil bengong sejenak, BBM dari faya masuk lagi.

"Kup3r lw 4h! M4k4ny4, g4ol lw!  D4s4r kutu buku!"

Aku nyengir, membayangkan mukanya yang kesal sambil memonyong-monyongkan bibirnya ke kanan dan kiri, karena kesal aku sudah mulai memveto bad habbitnya ini.  Kuketik lagi jawabannya

"@#$%^&*!"

"Ini neng es campurnya," kata si ibu penjual warung.

"Terima kasih, Bu!"  Kataku sambil mengambil es pesananku.  Sambil meminum es, saya sibuk lagi dengan BB jadulku.

Nah, mari kita berkosentrasi pada acara berbalas BBM bersama Faya!

"Lw nlis 4p4 s3h? G4k ng4rti gw!"

"Samaaaa gue juga gak ngerti, neng!"

"Klw g4 ng3rt1 yw j4ng4n nul1s gitw!'

"Ya kan sama dengan dirimu, nulis sesuatu yang bikin gak paham orang."

Lama BBMku tidak segera dibalas sama Faya, mungkin dia sudah mengerti bahwa bahasa tulisannya sungguh kacau, bahkan untuk anak SD sekalipun.  Maka kutuntaskan es campurku, membayar kemudian langsung ke rumah Faya.

Eh, baru beberapa langkah meninggalkan warung es campur itu, BBM Faya ada lagi.

"G4 s4h k rum4hq, ol3h2ny4 bi4r di4nt4r m4 bi2q!'

Wah tampaknya ada yang ngambek setelah kutegur tadi. Sampai gak terima dan melarang aku datang ke rumahnya.

Aduh, memang kalau bermaksud baik itu gak gampang ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar